Cara Membuat Teh Pegagan untuk Epilepsi

Cara Membuat Teh Pegagan untuk Epilepsi – Epilepsi atau yang disebut dengan ayan merupakan suatu gangguan sistem saraf pusat, akibat pola aktivitas listrik otak tidak normal. Sehingga, hal ini dapat mendatangkan keluhan kejang, sensasi, prilaku yang aneh sampai hilangnya kesadaran.

Cara Membuat Teh Pegagan untuk Epilepsi

Selain itu, gangguan pada pola aktivitas listrik otak yang tidak normal juga dapat terjadi akibat beberapa hal. Seperti kelainan pada jaringan otak, ketidakseimbangan zat kimia dalam otak dan kombinasi dari berbagai macam faktor akibat penyebab tersebut.

Tahukan anda ? bahwa risiko dari penyakit epilepsi dapat lebih rentan terjadi pada seorang pria dibanding wanita. Maka dari itu, bagi anda yang sedang mengalami epilepsi sebaiknya segeralah lakukan pengobatan sekarang juga. Nah, salah satunya dengan menggunakan tanaman obat herbal bernama teh pegagan.

Cara Membuat Teh Pegagan untuk Epilepsi

Tanaman pegagan atau antanan merupakan tanaman yang berasal dari asia tropik. Kemunculannya tanaman ini, sudah cukup terkenal diberbagai kalangan masyarakat. Sebab, jenis tanaman ini sudah digunakan secara turun temurun sebagai obat multikhasiat. Salah satunya ialah, mampu meredakan gejala epilepsi dan mengurangi risiko serangannya epilepsi secara berulang.

Tak hanya itu saja, tanaman yang diberi nama latin centella asiatica ini diketahui mempunyai kandungan senyawa aktif seperti brahmoside, brahminoside dan triterpenoid. Yang mana, dari kesemua kandungan tersebut mempunyai peran aktif dalam menenangkan sekaligus merelaksasi pembuluh darah yang sedang tegang.

Berikut dibawah ini cara mengolahnya :
  1. Siapkan alat dan bahan
  2. Siapkan daun tanaman pegagan sebanyak satu genggaman tangan
  3. Siapkan gula aren secukupnya
  4. Masukan gula aren dan daun pegangan yang sudah disediakan tadi
  5. Kemudian, haluskan keduanya dengan cara di tumbuk ataupun di blender
  6. Sesudah halus, ambil sebanyak satu sendok dan masukan kedalam panci
  7. Lalu, tambahkan satu gelas air
  8. Lakukan rebusan sampai airnya tercampur
  9. Setelah selesai, saring terlebih dulu dan diamkan sampai dingin
  10. Ramuan siap di minum
  11. Konsumsi secara rutin satu gelas dalam sehari

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan